Archive for Business Art with Ariez

Bila Harus Memecat Karyawan

phkMemecat karyawan bukanlah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Anda mungkin akan berpikir bahwa atasan akan tenang-tenang saja saat menyampaikan bahwa bawahannya akan diterminasi, toh bukan dia yang membuat keputusan. Hal ini sama sekali tidak benar. “Semalam sebelum hari saya harus memecat karyawan, saya sering tidak bisa tidur. Perut saya mulas sekali,” ujar Setyo (37), seorang manajer pengembangan sumber daya manusia, yang sering ketiban tugas sebagai pihak yang mengabarkan pemecatan kepada karyawan bersangkutan.
Baca entri selengkapnya »

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar

Inilah 4 Kunci Sukses dalam Dunia Bisnis

bisnisDunia bisnis di Indonesia terus menggeliat, seolah tidak mempedulikan karut marut pemilu dan peristiwa Bom Mega Kuningan. Untuk itu perlu bagi para pelaku bisnis untuk menyusun strategi handal.

“Untuk memenangi pasar dalam dunia yang terus berubah ada 4 kunci sukses,” kata Simon Jonatan, Konsultan Marketing, dalam acara Founder’s Day di Ciputra World Jakarta Marketing Gallery, Senin (24/8).

Keempat kunci tersebut adalah:

1. Awareness: yang termasuk dalam poin ini adalah iklan yang gencar untuk membangkitkan kesadaran terhadap produk tersebut bagi konsumen.
Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan sebuah Komentar

Hemat Waktu dan Uang Belanja Lewat Dapur

dapurSekarang semua serba mahal, tapi kegiatan di dapur harus jalan terus. Apa yang bisa dilakukan agar masak-memasak bisa tetap menyenangkan sementara dompet tak cepat terkuras?

1. Buat Rencana Sebelum Memasak
Setiap malam, sebelum tidur, cobalah membuat rencana menu buat esok hari. Susunlah daftar belanjaan sesuai dengan kebutuhan menu tadi. Merencanakan apa yang akan kita beli, masak, dan makan bisa membuat kita merasa lebih sehat, bisa menghemat uang lebih banyak dan mengurangi yang tak termakan (karena kebanyakan).
Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan sebuah Komentar

Menabung dari Hal-hal yang Terkecil

menabungMenabung tak melulu berarti menyimpan uang dalam jumlah besar. Ada begitu banyak cara untuk menambah pundi-pundi uang Anda dengan mudah. Berikut di antaranya;

1. Maksimalkan kartu debet
Dengan menggunakan kartu debet, Anda bisa membayar sesuai yang tertera dalam tagihan. Makin sedikit Anda menggunakan uang tunai, makin besar penghematan Anda. Sebab bila sudah di tangan, biasanya uang akan gampang keluar.

2. Belanja online
Dengan belanja online, Anda bisa menghemat ongkos perjalanan, entah untuk naik angkutan umum ataupun biaya bensin mobil pribadi. Apalagi bila jarak rumah ke pusat perbelanjaan cukup jauh, akan semakin banyak uang yang bisa dihemat.
Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan sebuah Komentar

Trik Menemukan Pekerjaan Impian

dream jobBanyak orang bilang, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk melakukan hobi atau minat Anda. Jika untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda cintai itu Anda harus keluar-masuk berbagai perusahaan, kenapa tidak? Namun tentu saja, untuk mencari pekerjaan yang Anda sukai juga butuh strategi. Hal-hal apa sih yang sebenarnya membuat Anda bahagia dengan pekerjaan tersebut? Bagaimana cara mendapatkannya? Faktor apa yang sebenarnya tidak begitu penting?

Bila pertimbangan Anda hanya berdasarkan gaji, jabatan, dan tanggung jawabnya, pikirkan kembali. Ikuti dulu langkah-langkah berikut untuk memastikan bahwa pekerjaan Anda selanjutnya adalah benar yang Anda impikan:
Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan sebuah Komentar

Oahmm… (Vista.Net)… New Warnet Bos

Gak terasa ternyata sudah cukup lama juga saya gak posting tulisan di blog saya ini. Mudah2an pembaca yang suka mampir ke blog saya ini gak bosan, bete atau bahkan berpindah ke lain hati. Hehehe…

Alhamdulilah saya bisa posting tulisan lagi setelah beberapa waktu ini sibuk mempersiapkan usaha baru, yaitu : Vista.Net.

2i8hox1
Yup, kalo ada yang nebak itu warnet ya benar, kalo ada yang nebak itu semacam kursus komputer juga benar, kalo ada yang nebak tempat nge-print paling nyaman juga benar, hehe (promosi dikit neh…)

Intinya, melalui posting baru saya ini mungkin ke depannya kita akan lebih banyak sharing tentang warnet, bukan karena saya punya warnet, tapi karena saya bingung mau topik apa lagi, hehe… lagi pula yang ngebahas masalah warnet dari nol sampai habis kayaknya belum ada deh, padahal bikin warnet dari nol itu gak segampang di pikiran orang, harus tau ilmunya, gitu kalo kata bang pitung.

Tulisan ini hanya start awal saja, jadi belum sampai ke pokok masalah. Insyalah di postingan saya nanti akan saya buka suka duka dari awal merintis warnet samapi bisa berjalan sampai sekarang ini walaupun yang namanya masalah demen banget deket2 sama saya, hehehe…

So, stay tune ya di blognya bang Ariez ini, ya sapa tau kecipratan ilmu gratis gitu, kan kata orang kalo biusa dapet ilmu gratis ngapain kudu bayar, betul apa betul? Lagipula dengan belajar dari pengalaman orang lain kita akan mempersingkat pencapaian dari tujuan kita. Amin.

Comments (3)

JANGAN MATI SURI-KAN BISNIS ANDA

42-18643902Pengalaman ini saya dapatkan ketika saya mengelola bisnis saya. Seperti yang kita ketahui, setiap bisnis baru mempunyai kecenderungan ramai karena sudah kebiasaan umum kebanyakan orang untuk mencoba suatu produk atau jasa yang baru, apalagi bila jasa atau produk tersebut unik dan jarang.
Dalam perjalanannya, bisnis apapun pasti akan menemui halangan dan rintangan, entah itu yang sifatnya dari “luar” maupun yang dari “dalam”.

Ada kalanya kita merasa tidak kuat bahkan cenderung ingin menyerah saja ketika masalah itu datang, padahal itulah ujian “kenaikan kelas” kita. Bila kita sanggup melewatinya, maka kita akan bertambah kuat, dan bila tidak, maka kita akan menjadi bulan-bulanan dari permasalahan berikutnya.
Umumnya orang yang bergelut di usaha apapun pasti mau tidak mau harus menyumbangkan sebagian perhatian dan waktunya untuk di awal usahanya itu. Terkadang begitu penuhnya perhatian dan waktu yang kita berikan sampai-sampai kita menjadi tidak fokus untuk mengerjakan hal yang lainnya.
Seiring berjalannya waktu, kita akan menemui hambatan. Ketika kita berhasil melaluinya maka akan datang hambatan lainnya yang mungkin akan sedikit lebih berat dari sebelumnya. Ketika perhatian kita terbagi, mengalami masalah atau cobaan yang tidak mampu kita hadapi terkadang sebagian besar dari kita malah mematisurikan bisnisnya, bahkan ada yang benar-benar mematikannya.
Untungnya saya tipe orang yang berprinsip, insyalah, sekali buka (usaha apapun) akan terus buka walau apapun cobaannya, untuk itulah telah menjadi kebiasaan saya untuk memikirkan secara matang bisnis apa yang akan saya dirikan nanti agar saya tidak mengecewakan diri saya sendiri, karena saya menyadari, keruntuhan awal suatu bisnis adalah ketika sang founder melemah, utnuk itu saya harus mencintai bisnis yang akan saya geluti nanti, itu modal pertama saya. Hal ini sudah saya terapkan dan buktikan pada bisnis pertama saya. Mengalami kendala intern, kekurangan modal, adanya persaingan, dan hal-hal lain itulah yang pernah saya alami, namun itu semua insyalah tidak akan menyurutkan cita-cita saya untuk terus menghidupkan bisnis saya walau apapun keadaannya, insyalah.
Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan sebuah Komentar

Older Posts »